Skip to main content

Sebuah karya tulis terasa sayang jika tidak dipublikasikan dengan cara dicetak menjadi buku. Apakah Anda terpikir untuk menerbitkan tulisan tersebut, namun khawatir biayanya mahal? Faktanya ada penerbit murah yang berkualitas.

Meski murah, Anda tetap harus memerhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan jasa penerbitan buku. Berikut hal-hal penting saat memilih penerbit.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Pilih Penerbit

  • Tim editor

Editor adalah kunci keberhasilan sebuah buku. Pengalaman positif yang diterima oleh penulis juga ada andil dari sang editor. Sangat penting bagi penulis untuk memilih editor terbaik.

Tentunya Anda menginginkan editor yang benar-benar teliti dengan pengerjaan, berikut menghargai gaya menulis seseorang.

  • Sistem kontraknya

Kontrak dengan penerbit adalah hal besar dan setiap penerbit punya ketentuannya sendiri. Anda bisa menanyakan terlebih dulu biaya penerbitan buku.

  • Pembelian menyeluruh

Bukan hanya ‘membeli’ kinerja tim editor juga, penerbitan buku juga membutuhkan bantuan tim penjualan dan pemasaran untuk mengenalkan karya kita kepada publik.

Penanganan yang tepat sedari awal bisa memberikan pengalaman berbeda, betapa baiknya karya Anda ditangani oleh penerbit.

  • Rekam jejak penerbit

Lihatlah bagaimana hasil buku yang pernah diterbitkan sebelumnya dengan genre sama. Bagaimana buku tersebut dipasarkan, berapa banyak yang terjual, dan tampilan visualnya.

Selain melihat secara langsung, Anda juga dapat mencari rekam jejaknya melalui ulasan konsumen di internet.

  • Pembagian hasil

Pertimbangkan juga sistem pembagian hasil yang ditetapkan oleh penerbit. Sebab, hal ini bertujuan agar menguntungkan Anda sebagai seorang penulis.

  • Terbuka selama proses pengerjaan

Jangan sungkan untuk banyak bertukar pikiran dengan pihak penerbit dan editor selama proses pengerjaan.

Ciri-ciri Buku yang Diterbitkan Secara Profesional

Berikutnya ada ciri-ciri buku yang diterbitkan oleh penerbit murah yang profesional.

  • Penyuntingan tepat

Ciri buku berkualitas pertama adalah penyuntingannya tepat. Seorang editor harus jeli dalam menemukan setiap kesalahan sekecil apa pun, misalnya salah ketik, subjudul tidak konsisten.

Meski terdengar sepele, namun dari sini bisa mengindikasikan apabila penulis tidak meluangkan waktunya untuk sekadar mengecek.

  • Sampul buku

Memang ada pepatah yang menyebut jangan hanya menilai dari sampulnya saja. Akan tetapi, hal ini justru penting dalam penerbitan sebuah karya buku.

Sampul buku juga bisa memberikan “branding” terhadap karya apa yang ditulis, segmentasi pembacanya, dan untuk estetika.

Faktanya, sampul buku dapat memengaruhi pemasaran dan penjualan.

  • Tulisan enak dibaca

Buku yang enak dibaca pasti disukai oleh para pembaca, sehingga dalam proses penyuntingan buku harus mengikuti standar yang sesuai misal desain konsisten, margin rata, ukuran huruf dan sebagainya.

Jenis dan ukuran huruf standar lebih disarankan.

Demikianlah cara memilih jasa penerbit murah berikut ciri-ciri buku berkualitas. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2023-01-31 02:31:00.

Leave a Reply